kandungan yang terdapat di dalam mengkudu

kandungan yang terdapat di dalam mengkudu
perubahan tertunda ditampilkan di perihalaman inibelum dicek
mengkudu
noni fruit (morinda citrifolia).jpg
leaves and fruit of morinda citrifolia
klasifikasi ilmiah
monyetjaan: plantae
(tidak diantaranya): angiospermae
(tidak diantaranya): ekurang pkamuiotil
(tidak diantaranya): asterids
ordo: gentianales
famili: rubiaceae
genus: morinda
spesies: m. citrifolia
nama binomial
morinda citrifolia
l.

noni, morinda citrifolia

mengkudu, morinda citrifolia
mengkudu (morinda citrifolia) atau keumeudee (aceh); pace, kemudu, kudu (jawa); cangkudu (sunda); kodhuk (madura); tibah (bali) berkeinginanl tempat asia tenggara, tergolong dalam famili rubiaceae. nama lain buat tumbuhan ini artinya noni (hawaii), nono (tahiti), nonu (tonga), ungcoikan (myanmar) serta ach (hindi).

tumbuhan ini tumbuh di dataran rendah hingga terhadapnya ketinggian 1500 m. tinggi pohon mengkudu mencapakahi 3–8 m, mempunyai bunga bongkol berwarna putih. buahnya tidak lain ialah buah majemuk, yang masih belia berwarna hijau mengkilap serta mempunyai totol-totol, serta saat sudah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam.

semetode tradisional, masyminuman memabukanat aceh mengfungsikan buah mengkudu sebagai sayur serta rujak. daunnya juga difungsikan sebagai di antara bahan nicah peugaga yang tidak jarang timbul sebagai menu wajib buka pukeinginan. pharapanl itu, mengkudu tidak jarang ditanam di dekat rumah di pedesaan di aceh. selain itu mengkudu juga tidak jarang difungsikan sebagai bahan obat-obatan.

keinginanl-usul[sunting | sunting asal pati]
keinginanl usul mengkudu tidak terlepas dengan eksistensi bangsa polinesia yang menetap di kepulauan samudra pasifik. bangsa polinesia diyakini berkeinginanl dari (asia tenggara). terhadapnya tahun 100 sm, bangsa yang teridapl berani mengembara.tanpa alkeinginannnya yang terperinci mereka menyeberangi lautan matikan tanah air mereka. adanya aura para pengembara itu di kecewakan oleh suatu perihal serta maksud menghindarkan diri dari keHayatian lebih awal. sesudah lama mengembara, mereka hingga di sekitar polinesia, yaitu kepulauan di sekitar pasifik selatan. para petualang tersebut pribadi jatuh hati dikala menatap mengagumkannya pemkamungan, keadanyaan pantai, serta pulaunya.

uniknya, mereka seakan sudah mempersiapkan diri buat berpmengagumkan ke pulau lain. perihal ini mampu dievidensikan dengan asertaya sebanyak tumbuhan serta hewan yang ikut diangkut, pharapanl dikata serius buat mempertahankan Hayati. beberapakah tumbuhan asli, mirip pisang, talas, ubi jalar, sukun, tebu, serta mengkudu, diangkutnya.di antara yang diangkut itu, masih adanya yang berbentuk stek serta tunas. di antara tumbuhan itu, yakni mengkudu, dikata barang monyetmat. sejak 1500 tahun lantas warga kepulauan yang sekarang dikatakan hawaii itu mengenal mengkudu dengan sebutan noni. mereka mengira tumbuhan bernama latin morinda citrifolia tersebut mempunyai banyak khasiat. mereka memkamungnya sebagai hawaii magic plant, pharapanl buah ini diyakini mampu mengobati banyak sekali macam penyakit.

ciri-ciri umum[sunting | sunting asal pati]
pohon[sunting | sunting asal pati]
pohon mengkudu tidak begitu besar, tingginya antara 4–6 m. batang bengkok-bengkok, berdahan ksaya, kkeinginanr, serta mempunyai akar tunggang yang tertancap dalam. kulit batang cokelat keabu-abuan atau cokelat kekuning-kuniangan, berpisah sertagkal, tidak berbulu,anak ckakaknya bersegai empat. tajuknya suklantas hijau selama tahun. kayu mengkudu beliah sekali dipisah sesudah dikeringkan. mampu difungsikan buat penopang tumbuhan ladanya.

daun[sunting | sunting asal pati]
berdaun tebal mengkilap. daun mengkudu terletidak berhadanyap-hadanyapakahn. ukuran daun besar-besar, tebal, serta tunggal. bentuknya jorong-lanset, berukuran 15-50 x 5–17 cm. tepi daun rata, ujung lancip pendek. pangkal daun berbentuk pkeinginank. urat daun menyirip. warna hiaju mengkilap, tidak berbulu. pangkal daun pendek, berukuran 0,5-2,5 cm. ukuran daun penumpu bervariasi, berbentuk segitiga lebar. daun mengkudu bisa ditersebutkann sebagai sayuran. nilai gizi tinggi pharapanl banyak mengandung vitamin a. yg katanya mampu menyembuhkan ambein

bunga[sunting | sunting asal pati]
bunga tersusun majemuk, perbungaan bertipe bongkol lingkaran, bertangkai 1–4 cm, tumbuh di ketiak daun penumpu yang berhadanyapakahn dengan daun yang tumbuh tata metodel. bunga banci, mahkota bunga putih, berbentuk corong, panjangnya mampu mencapakahi 1,5 cm. benang sari tertancap di lisan mahkota. kepala putik berputing dua. bunga itu mekar dari kelopak berbentuk mirip tkamun. bunganya putih, harum.

buah[sunting | sunting asal pati]
buah majemuk, terbentuk dari bnalar-bnalar buah yang menyatu serta bongkol di area dalamnya; pernyebaran buah berlevel mengikuti sistem pemekaran bunga yang dimulai dari area ujung bongkol menuju ke pangkal; membisueter 7,5–10 cm. permukaan buah majemuk mirip terbagi dalam sekat-sekat poligonal (segi banyak) yang berbintik-bintik serta berkutil, yang berkeinginanl dari Residu bnalar buah tunggalnya. warna hijau saat mengkal, menjelang mkeinginank menjadi putih kekuningan, serta akhirnya putih pucat saat mkeinginank. daging buah lunak, tersusun dari buah-buah batu berbentuk piramida dengan daging buah berwarna putih, terbentuk dari mbesokarp. daging buah banyak mengandung air yang aromanya mirip keju busuk atau bau kambing yang timbul pharapanl pencampuran antara keinginanm kaprat (keinginanm lemak dengan sepuluh atom karbon), c10), keinginanm kaproat (c6), serta keinginanm kaprilat (c8). diduga kedua senyawa terakhir bersifat antibiotik aktif.

kandungan mengkudu[sunting | sunting asal pati]
zat nutrisi: semetode kesemuaan mengkudu tidak lain ialah buah tersebutkannan bergizi lengkap. zat nutrisi yang diperlukan badan, mirip protein, viamin, serta mineral serius, tersedia dalam total cukup terhadapnya buah serta daun mengkudu. selenium, di antara mineral yang terbisa terhadapnya mengkudu tidak lain ialah antioksiserta yang hebat. banyak sekali jenis senyawa yang terkandung dalam mengkudu : xeronine, plant sterois,alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, dll.
terpenoid. zat ini menolong dalam sistem sinujiis organic serta pemulihan sel-sel badan.
zat anti bakteri.zat-zat aktif yang terkandung dalam sari buah mengkudu itu bisa berbahaya bakteri pengakibat infeksi, mirip pseudomonas aeruginosa, protens morganii, staphylococcus aureus, bacillus subtilis, serta escherichia coli. zat anti bakteri itu juga bisa mengendalikan bakteri pathogen (berbahaya) mirip salmonella montivinspirasio, s . scotmuelleri, s . typhi, serta shigella dusenteriae, s . flexnerii, s . pradysenteriae, serta staphylococcus aureus.
scolopetin. senyawa scolopetin amat efisien sebagi unsur anti perasertagan serta anti-alergi.
zat anti kanker. zat-zat anti kanker yang terbisa terhadapnya mengkudu paling efisien menghadapi sel-sel abtata metodel.
xeronine serta proxeronine. di antara alkaloid serius yang terdapt di dalam buah mengkudu artinya xeronine. buah mengkudu cuma mengandung sedikit xeronine, tetapi banyak mengandung bahan pembentuk (precursor) xeronine atau lebih diidapl proxeronine dalam total besar. proxeronine artinya sejenis keinginanm nukleat mirip koloid-koloid lainnya. xeronine diserap sel-sel badan buat mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif, memanage struktur serta bentuk sel yang aktif.
http://sehatnya.net/manfaat-mengkudu-bagi-kesehatan/


@



Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment - Kembali ke Konten

kandungan yang terdapat di dalam mengkudu | Khasiat Obat Alam